definisi dan tujuan organisasi

pengertian organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam beberapa kelompok  yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama . organisasi adalah sebuah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara suatu sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan bersama .

sedangkan pengertian organisasi menurut ahli sebagai berikut :



  1.  Mithzal (2009) "organisasi merupakan suatu unit terkoordinasi yang terdiri setidaknya dua orang , berfungsi mencapai satu sasaran tertentu atau serangkaian sasaran".
  2.  Wiber (1968) adalah struktur birokrasi ,  
  3.  Sutarto (1995) "organisasi sebagai kumpulan orang , proses pembagian kerja dan system kerjasama atau system social". 
  4. Jones (1995) mendefinisikan organisasi sebagai respons terhadap makna nilai-nilai kreatif untuk memuaskan kebutuhan manusia.  
  5. Barnard (anonym, 2000) adalah suatu system aktivitas yang dikoordinasikan secara sadar oleh dua orang atau lebih sekalipun para ahli manajemen memberikan definisi berbeda-beda tentang organisasi .

tujuan organisasi sebagai berikut :  

  • Mengatasi terbatasnya kemampuan , kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya dalam mencapai tujuan. 
  • Mencapai tujuan secara lebih efektif dan efesien karena dilakukan bersama-sama. 
  • Mengembangkan sumber daya dan tekhnologi bersama-sama. 
  • Wadah mendapatkan jabatan dan pembagian kerja. 
  • Wadah mengelola lingkungan bersama-sama. 
  • Wadah mencari keuntungan bersama-sama. 
  • Wadah menggunakan kekuasaan dan pengawasan (motif kekuasaan). 
  • Wadah mendapatkan penghargaan (motif penghargaan) 
  • Wadah menambah pergaulan. 
  • Wadah memanfaatkan waktu luang.

0 Response to "definisi dan tujuan organisasi"

Post a Comment