penyebab dan mencegah keputihan pada wanita

Mengalami masalah terhadap keputihan adalah yang sudah sangat sering terjadi pada kaum wanita . bahaya nya banyak yang tidak mengetahui tentang keputihan dan menganggap bahwa keputihan adalah msalah yang enteng . sebab kalau tidak di tangani dengan baik , keputihan ini akan berakibat fatal .
keputihan bisa menyebabkan kemandulan dan kehamilan di luar kandungan (ektopik) , yang terjadi akibat keputihan , selain itu keputihan adalah gejala awal akan terjadinya kanker rahim .
penyakit kanker leher rahim ini adalah penyakit yang sangat berbahaya ,jika tidak di tangani dengan baik akan menyebabkan kematian .
keputihan ini biasanya di lami oleh wanita yang sedang hamil , mungkin akibat perubahan hormonal yang terjadi, mungkin ini akibat peningkatan hormonal dengan adanya produksi cairan yang meningkat di akibatkan oleh vagina pada wanita tingkat keasaman nya mengalami penurunan , mungkin juga akibat kondisi pencernaannya .

Penyebab Keputihan 


  •   Faktor kebersihan
    daerah vagina haruslah terjaga dengan baik kebersihannya . Jika tidak , daerah vagina dijaga menimbulkan berbagai macam penyakit di antaranya keputihan. Hal ini disebabkan daerah vagina lembab , hal ini membuat infeksi berupa bakteri patogen akan sangat mudah untuk menyebarnya . 
  • stress
    organ tubuh kinerjanya di pengaruhi atau dikontrol oleh otak, maka pada saat reseptor otak mengalami kondisi stress , dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada hormon -hormon dalam tubuh dan dapat menimbulkan terjadinya keputihan
  • penggunaan obat-obatan

Banyak orang mengonsumsi obat antibitok dalam  jangka waktu lama , obat ini menyebabkan sistem imunitas pada tubuh wanita, tetapi obat antibiotik dapat menimbulkan keputihan. Sedangkan pada penggunaan KB keputihan akan disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri dan virus , Jamur Monilia atau Candidas. Dengan keputihan berwarna putih seperti susu, cairannya sangat kentar, sangat berbau tidak seda dan menimbulkan rasa gatal pada sekitar daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan vagina mengalami radang dan kemerahan. Biasanya hal ini juga dipicu oleh adanya penyakit kencing manis, penggunaan pil KB, dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Mencegah Keputihan 


  1. Bersihkan selalu organ intim . Bersihakan dengan pembersih yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah vagina . Gunakan produk pembersih yang terbuat dari bahan susu. Kurangi penggunaan sabun antiseptik bagi vagina dalam jangka panjang, karena bersifat agat keras.
  2. Jangan menggunakan bedak , karena bedak sangat kecil dan halus, ia akan mudah terselip dan tidak dapat dibersihkan, sehingga mengundang datangnya jamur pada vagina.
  3. Keringkanlah vagina anda baik sehabis mandi atau buang air kecil , cuci vagina sebelum berpakaian pakaian dalam harus yang kering. Gunakan celana dalam dari bahan katun, karena bahan katun dapat menyerap keringat . Saat menstruasi, sering- sering mengganti pembalut .
  4. Kurangi kegiatan yang membuat letih, kepanasan atau mengeluarkan banyak keringat, atau setelah melakukan aktivitas tersebut, segera mandi dan bersihkan tubuh dan daerah kemaluan.
    Selamat mencoba , lebih baik mencegah dari pada mengobati .

0 Response to "penyebab dan mencegah keputihan pada wanita "

Post a Comment